Asuransi Sedan vs SUV: Mana yang Lebih Murah untuk di Asuransikan?

Asuransi Sedan vs SUV: Mana yang Lebih Murah untuk di Asuransikan?

Kendaraan Utilitas Olahraga (SUV) telah menjadi alternatif yang kredibel untuk sedan karena mereka menawarkan tumpangan mewah dan fitur yang dibanggakan terakhir. Bahkan biaya SUV telah menjadi kompetitif dibandingkan dengan sedan. Beberapa SUV modern berukuran kompak, lebih kecil, dan menawarkan ruang kabin yang mirip dengan sedan.

Jika Anda mempertimbangkan manfaat dan biaya dalam debat asuransi sedan vs SUV, ada baiknya mempelajari kendaraan mana yang akan lebih mahal untuk dibeli dan diasuransikan. Pada artikel ini, kami mengadu asuransi sedan vs SUV untuk mengetahui apakah lebih murah mengasuransikan SUV atau sedan.

Asuransi mobil untuk SUV vs sedan

Industri mobil India telah berkembang selama bertahun-tahun untuk menawarkan berbagai jenis mobil dengan harga terjangkau. Mulai dari mobil kecil hingga sedan mewah dan SUV, mereka hadir dengan berbagai kapasitas mesin, desain, aksesoris, dll.

Tergantung pada jenis kendaraan, kapasitas mesin, dan fitur, biaya memiliki kendaraan (termasuk premi asuransi mobil) berbeda. Oleh karena itu, saat memilih antara SUV dan sedan, perhatikan hal-hal berikut.

Faktor-faktor yang mempengaruhi premi asuransi mobil untuk SUV (atau) Sedan Anda

1. Jenis Mobil

Berbagai jenis kendaraan roda empat memiliki tujuan yang berbeda. Anda memiliki hatchback yang lebih kecil, sedan yang menawarkan ruang kabin yang lebih besar, SUV yang dapat melaju dengan baik di kondisi off-road, dan Utility Vehicle (UV) yang dapat mengangkut lebih banyak penumpang.

Secara tradisional, SUV dilengkapi dengan mesin berkapasitas lebih tinggi, mekanik 4×4 yang kompleks, fitur yang berfokus pada off-road yang memungkinkan mereka untuk mengatasi medan yang sulit. Namun, mereka tidak menawarkan tumpangan mewah seperti sedan sampai SUV mahal dan mewah.

Itu telah berubah dalam beberapa tahun terakhir. Jenis SUV baru ini kompak dan berukuran lebih kecil tetapi menawarkan kabin yang luas, fitur mewah, ground clearance yang lebih tinggi, dan tumpangan mewah dengan harga yang setara dengan sedan.

Ketika datang ke harga polis asuransi mobil, salah satu faktor utama adalah biaya kendaraan. Dengan semakin menyempitnya selisih harga antara SUV dan sedan, maka kesenjangan premi asuransi untuk sedan dan SUV juga semakin berkurang.

Baik Anda membeli SUV atau sedan, nilai pasar kendaraan adalah salah satu faktor utama yang menentukan premi asuransi. Mobil atau tipe bodi tidak mempengaruhi harga asuransi, tetapi biaya kendaraan atau nilai pasar mempengaruhi biaya asuransi. Singkatnya, semakin tinggi nilai pasar kendaraan, semakin tinggi premi asuransi.

2. Tahun Pembuatan

Tahun pembuatan kendaraan Anda menunjukkan usia kendaraan. Usia kendaraan dipertimbangkan saat menghitung premi asuransi. Ini karena faktor depresiasi.

Seiring bertambahnya usia kendaraan, ada keausan rutin pada bagian-bagian motor. Karena nilai pasar sangat penting dalam menentukan premi asuransi, kendaraan baru menarik premi yang lebih tinggi.

3. Jenis Bahan Bakar

Biasanya, kendaraan bensin lebih murah daripada kendaraan diesel. Oleh karena itu, harga asuransi untuk kendaraan berbahan bakar bensin lebih rendah. Apakah Anda membeli kendaraan bensin, solar, CNG, atau LPG, biaya kendaraan merupakan faktor utama dalam menentukan biaya polis asuransi Anda.

Ada kemungkinan besar bahwa premi asuransi untuk SUV bensin lebih murah daripada sedan diesel. Selanjutnya, jika Anda memasang CNG atau kit LPG ke kendaraan Anda (SUV atau sedan), preminya pasti akan meningkat.

4. Kapasitas Mesin

Kapasitas mesin kendaraan atau kubikasi (cc) merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi biaya asuransi. Mesin berukuran lebih besar pasti akan menarik premi asuransi yang lebih tinggi karena nilai pasar kendaraan lebih tinggi.

Selain itu, premi asuransi rencana Tanggung Jawab Pihak Ketiga (TP) didasarkan pada kapasitas mesin kendaraan dan bukan berdasarkan jenis kendaraan (SUV atau sedan).

5. Nilai yang Dideklarasikan Tertanggung (IDV)

IDV adalah perkiraan harga pasar kendaraan yang diasuransikan saat ini. Hal ini disepakati bersama antara ACKO dan Anda ketika Anda membeli atau memperbarui paket. Ini juga merupakan jumlah yang akan Anda terima jika kendaraan Anda dicuri atau mengalami kerugian total.

Anda memiliki opsi untuk meningkatkan IDV saat membeli atau memperbarui polis asuransi mobil. Namun, meningkatkan IDV akan meningkatkan premi. Demikian juga, menurunkan IDV akan menurunkan premi, tetapi itu akan mengurangi jumlah klaim Anda. Jadi, sebenarnya tidak semua SUV lebih mahal untuk diasuransikan daripada sedan karena premi asuransi bergantung pada perkiraan nilai pasar kendaraan dan tidak didasarkan pada jenis kendaraan.

6. Lokasi

Lokasi memainkan peran penting dalam menentukan harga polis asuransi mobil. Daerah yang rentan terhadap pencurian, kecelakaan, atau bencana alam cenderung menarik premi asuransi yang lebih tinggi. Daerah perkotaan dapat lebih rentan terhadap pencurian/kecelakaan kewajiban; membeli kendaraan di lokasi tersebut mengharuskan pemilik mobil untuk membayar biaya asuransi yang lebih tinggi.

Sama seperti faktor utama lainnya, lokasi memainkan peran penting dalam menentukan biaya polis asuransi mobil Anda dan bukan apakah kendaraan itu SUV atau sedan.

Related Posts