11 Alasan Penolakan Klaim Asuransi Mobil

11 Alasan Penolakan Klaim Asuransi Mobil

Jika Anda ingin mengendarai mobil secara legal di jalan umum di India, pertama-tama Anda harus membeli pertanggungan asuransi mobil yang sesuai. Sebagai imbalan untuk membayar premi asuransi, wajar jika Anda mengharapkan perusahaan asuransi Anda menyetujui klaim yang diajukan selama periode polis.

Namun, ketika klaim ditolak, itu membuat frustrasi, mahal, dan mengecewakan. Penolakan klaim polis asuransi mobil bukanlah hal baru dalam industri asuransi kendaraan. Meskipun beberapa orang akan menyebut perusahaan asuransi sebagai penipuan untuk penolakan klaim asuransi mobil, alasan penolakan oleh perusahaan asuransi mobil sebagian besar didasarkan pada klausul tertentu.

Agar klaim Anda tidak ditolak, Anda harus mengetahui alasan penolakan klaim asuransi mobil. Berikut adalah beberapa alasan yang menjadi dasar klaim asuransi mobil Anda dapat ditolak:

1. Mengemudi Tanpa Surat Izin Mengemudi/SIM Tidak Valid

Mengemudi tanpa SIM atau dengan SIM yang tidak valid, atau mengemudi dalam keadaan mabuk adalah salah satu alasan utama mengapa klaim asuransi mobil Anda dapat ditolak. Tindakan ini ilegal di India, oleh karena itu, perusahaan asuransi tidak dapat menyetujui klaim dalam keadaan ini.

2. Tidak Memberitahu Perusahaan Asuransi Anda

Ini adalah salah satu kesalahan umum yang dilakukan sebagian besar pemegang polis. Anda mungkin mendapatkan mobil diperbaiki sendiri dan kemudian memberitahu perusahaan asuransi untuk penyelesaian klaim. Sulit bagi perusahaan asuransi untuk melacak kecelakaan dan perbaikan, sehingga menyulitkan perusahaan asuransi untuk menilai kerusakan dan menyetujui klaim Anda.

Anda harus selalu memberi tahu perusahaan asuransi Anda sebelum memperbaiki mobil Anda. Perusahaan asuransi akan mengirim orang yang berwenang untuk memeriksa tingkat kerusakan kendaraan Anda, memperkirakan biaya perbaikan kerusakan dan membantu Anda mendapatkan klaim yang sesuai untuk perbaikan tersebut.

3. Tidak Membayar Premi Polis Anda

Untuk menyetujui klaim Anda, jumlah tetap dari premi harus dibayar pada atau sebelum tanggal jatuh tempo. Dengan membayar premi tepat waktu, polis asuransi Anda tetap aktif dan penanggung dapat memproses klaim Anda; namun, jika tidak, maka perusahaan asuransi dapat menolak atau menolak klaim Anda. Merupakan praktik yang baik untuk membayar premi asuransi tepat waktu untuk menghindari penolakan yang tidak perlu.

4. Tidak Menginformasikan Tentang Kit CNG/LPG yang Dipasang di Mobil Anda

Meskipun Anda menginginkan lebih dari mobil Anda dalam bentuk jarak tempuh yang lebih tinggi dengan memasang kit CNG/LPG, Anda bertanggung jawab untuk menginformasikan atau menyatakan hal ini kepada perusahaan asuransi Anda. Perusahaan asuransi mencatat perubahan pada mobil Anda saat Anda membeli/memperbarui asuransi mobil, dan memasukkannya ke dalam polis asuransi Anda. Namun, dengan tidak menyatakan kit tambahan, Anda memiliki peluang untuk klaim Anda ditolak oleh perusahaan asuransi.

5. Menggunakan Mobil Pribadi Anda untuk Tujuan Komersial

Jika Anda telah memberi tahu perusahaan asuransi Anda bahwa Anda menggunakan mobil Anda untuk alasan pribadi, tetapi telah menggunakannya untuk tujuan komersial secara teratur, kemungkinan besar klaim Anda akan ditolak jika terjadi kecelakaan.

6. Memberikan Informasi yang Salah

Jika Anda telah menyatakan rincian yang salah pada saat membeli polis untuk mengurangi premi, dan jika perusahaan asuransi Anda menyadari bahwa Anda telah memberikan informasi yang salah, klaim Anda akan ditolak.

Jangan pernah memberikan informasi yang salah kepada perusahaan asuransi Anda yang dapat menyebabkan penolakan klaim dan bahkan dapat membuat polis asuransi mobil Anda tidak berlaku.

7. Keterlambatan Melaporkan Kecelakaan

Perusahaan asuransi mengharapkan Anda untuk mengajukan klaim segera, tetapi mereka menyediakan kerangka waktu untuk melaporkan kejadian tersebut. Jika Anda menunda pelaporan klaim dan tidak memberikan dokumentasi yang benar, klaim Anda dapat ditolak. Penting untuk memberi tahu perusahaan asuransi Anda sebelum Anda memberikan mobil Anda untuk diperbaiki.

8. Mengemudi di Luar Area Geografis yang Ditentukan

Klaim Anda dapat ditolak jika kecelakaan Anda terjadi di luar wilayah geografis yang ditentukan oleh polis asuransi Anda. Oleh karena itu, bacalah syarat dan ketentuan polis asuransi Anda dengan cermat untuk memahami batasan geografis yang ditentukan.

9. Memodifikasi dan Menyertakan Aksesoris Baru Pada Mobil Anda:

Ketika polis asuransi Anda diperbarui, komponen tambahan, aksesori atau modifikasi, jika ada, yang disebutkan dalam polis sebelumnya akan ditanggung secara otomatis. Namun, jika Anda telah menambahkan aksesori baru atau memodifikasi mobil Anda selama periode polis, Anda perlu memberi tahu perusahaan asuransi Anda sebelum diperpanjang. Setelah memeriksa kendaraan Anda, perusahaan asuransi akan memasukkan tambahan ini ke dalam polis Anda dengan premi tambahan. Jika Anda tidak menyatakan perubahan ini, kemungkinan besar klaim Anda akan ditolak.

10. Tidak Mematuhi Aturan dan Peraturan

Ada aturan khusus seperti mengemudi di bawah umur, mengemudi dalam keadaan mabuk, dll. yang perlu dipatuhi. Klaim Anda atas kerusakan sendiri akan ditolak jika diketahui bahwa kecelakaan mobil terjadi karena Anda mabuk dan mengemudi.

11. Non-Kerja sama

Anda perlu mengajukan klaim dalam jangka waktu tertentu dan bekerja sama dengan tim klaim terkait detail yang terkait dengan peristiwa di mana klaim diajukan. Misalnya, inspektur klaim mungkin menanyakan beberapa pertanyaan kepada Anda jika Anda telah mengajukan klaim atas kecelakaan mobil. Anda perlu menjawab pertanyaan-pertanyaan itu dengan jujur.

Jika Anda gagal memberikan narasi yang jujur ‚Äč‚Äčatau jika Anda tidak memberikan dokumen pendukung (jika diperlukan), perusahaan asuransi mungkin akan menindaklanjuti dengan Anda untuk sementara tetapi pada akhirnya akan menolak klaim Anda berdasarkan non-kerja sama.

Related Posts