Kapan Mendaftarkan Bisnis Anda di Bursa Saham

Kapan Mendaftarkan Bisnis Anda di Bursa Saham

Bahkan bisnis terbesar di dunia dimulai sebagai operasi kecil. Google didirikan oleh dua orang di universitas, sedangkan Apple didirikan oleh tiga orang. Sekarang, Google bernilai hampir £1 triliun dan Apple bernilai lebih dari seluruh FTSE 100.

Untuk tumbuh dalam skala, kedua perusahaan bergabung di pasar saham untuk mengakses modal investor. Namun, sebelum kita menganalisis mengapa dan kapan banyak usaha kecil terdaftar di pasar saham, mari kita lihat apa sebenarnya bursa saham itu.

Apa itu Bursa Efek?

Bursa saham pada dasarnya adalah lelang skala besar. Investor akan menegosiasikan harga saham di suatu perusahaan berdasarkan kinerjanya.

Untuk dapat tercatat di bursa, suatu perusahaan harus melalui Penawaran Umum Perdana (Initial Public Offering/IPO). Begitu sahamnya publik, orang bisa membeli dan memperdagangkannya. Investor akan membeli saham dengan harapan nilai perusahaan meningkat dari waktu ke waktu. Jika perusahaan tempat mereka berinvestasi berkinerja baik, investor juga dapat menerima pembayaran dividen.

Selain itu, mereka yang berdagang saham dan saham juga berpeluang untuk berspekulasi mengenai pergerakan harga, daripada membeli saham secara langsung. Untuk melakukan ini, mereka menggunakan produk turunan yang mengambil nilainya dari pasar yang mendasarinya.

Banyak pedagang beroperasi pada saat pasar paling tidak stabil, seperti selama musim laporan pendapatan ketika harga saham berfluktuasi karena sentimen pasar menyesuaikan dengan laporan yang dirilis oleh masing-masing bisnis.

Pedagang spekulatif tidak memiliki hak pemegang saham dan tidak menerima dividen, tetapi mereka memiliki potensi untuk mendapatkan keuntungan dari pasar yang naik dan turun dengan mengambil posisi ‘long’ atau ‘short’.

Kapan Waktu Terbaik untuk Mendaftar?

Tidak ada ‘waktu terbaik untuk mendaftar’ di pasar saham. Waktu yang tepat untuk perusahaan Anda akan sangat bergantung pada apa tujuan Anda.

Waktu terbaik bagi sebagian besar bisnis untuk bergabung adalah ketika mereka tidak dapat lagi mencapai tujuan mereka melalui pendanaan sendiri. Jika Anda berjuang untuk mendapatkan penetrasi di pasar baru atau kekurangan uang untuk kelas atas, maka daftar mungkin merupakan peluang bagus untuk meningkatkan modal. Demikian pula, jika bisnis Anda sarat dengan hutang, maka listing dapat menghasilkan uang tunai yang signifikan, yang dapat Anda gunakan untuk membayar hutang.

Mengapa Mendaftarkan Bisnis Saya di Bursa Saham?

Mengambang saham perusahaan Anda di pasar saham dapat memungkinkan Anda untuk meningkatkan keuangan tambahan. Mengambang juga memberikan nilai pasar untuk saham perusahaan. Saham perusahaan kemudian dapat digunakan untuk mendanai akuisisi atau sebagai insentif bagi karyawan.

Bisnis bergabung dengan pasar saham karena beberapa alasan, termasuk:

  • Meningkatkan profil perusahaan
  • Meningkatkan kredibilitas dengan pelanggan
  • Tampil lebih menarik bagi pemberi pinjaman
  • Menjual bunga kepada pemegang saham baru
  • Mengumpulkan uang

Meskipun listing di pasar saham memiliki beberapa keuntungan, listing tidak penting. Misalnya, pembuat mainan Denmark Lego dan raksasa penganan Mars, keduanya dimiliki secara pribadi.

Ingat, ada kerugian untuk mendaftar juga. Misalnya, perusahaan publik setidaknya sebagian dimiliki publik, jadi Anda akan dimintai pertanggungjawaban kepada orang lain dan menghadapi pengawasan yang lebih ketat. Demikian pula, proses daftar mahal dan memakan waktu. Potensi kerugian lainnya termasuk:

  • Anda akan mencairkan kepemilikan Anda dan bahkan bisa kehilangan kendali bisnis sepenuhnya.
  • Ada persyaratan peraturan tambahan yang harus Anda patuhi.
  • Mungkin ada biaya besar dan biaya tersembunyi tak terduga yang terkait dengan daftar pasar
  • Membayar dividen pemegang saham dapat berdampak negatif terhadap arus kas perusahaan.

Jadi, jika Anda percaya pada ketajaman bisnis Anda dan Anda tidak membutuhkan dana, Anda mungkin bisa melakukannya sendiri.

Related Posts