Cara Mendaftarkan Nama Bisnis Anda

Cara Mendaftarkan Nama Bisnis Anda

Nama bisnis adalah nama dagang yang membantu pelanggan mengenali bisnis Anda. Nama yang baik menciptakan kesan dan menambah nilai bagi bisnis Anda. Anda perlu mendaftarkan nama Anda sebelum Anda mengeluarkan uang untuk signage, bahan cetak, label nama atau seragam yang menampilkan nama bisnis Anda.

Kapan Anda harus mendaftarkan nama bisnis

  • Anda diwajibkan secara hukum untuk mendaftarkan nama bisnis jika:
  • Anda memasukkan kata lain dengan nama Anda, seperti Joan Smith Party Hire atau John Smith & Sons
  • Anda berdagang dengan nama yang berbeda dari nama Anda sendiri
  • Anda menjalankan perusahaan (Pty Ltd) dan ingin berdagang dengan nama yang berbeda dengan nama perusahaan Anda.

Memilih nama bisnis

Pilih nama bisnis yang mudah diucapkan, dieja, dan diingat. Seharusnya tidak menyinggung atau menyesatkan. Nama bisnis Anda tidak boleh identik dengan, atau mungkin disalahartikan sebagai, nama bisnis atau nama perusahaan yang sudah terdaftar di Australia.

Jika Anda merasa ingin berdagang ke luar negeri, Anda harus memeriksa kesesuaian nama bisnis Anda di negara lain.

Anda juga harus memeriksa apakah nama bisnis Anda dapat didaftarkan sebagai nama domain untuk situs web dan email Anda. Anda dapat memeriksa apakah nama Anda tersedia dan menemukan pencatat nama domain melalui Australian Domain Name Administrator (auDA).

Anda akan menerima catatan pendaftaran saat Anda mendaftar atau mengubah nama bisnis, atau saat nama pemilik berubah.

Menampilkan nama bisnis Anda

Anda harus dengan jelas menampilkan nama bisnis Anda yang terdaftar di luar lokasi bisnis Queensland Anda jika tempat bisnis tersebut terbuka untuk umum.

Anda harus mempublikasikan nama bisnis Anda yang terdaftar pada semua korespondensi dan dokumen bisnis, seperti surat bisnis, faktur, laporan rekening, publikasi, pemberitahuan resmi, pesanan dan tanda terima.

Mungkin ada situasi di mana undang-undang mungkin tidak mengharuskan bisnis untuk melakukan ini. Anda dapat menemukan informasi lebih lanjut tentang pengecualian ini di Business Names Registration Act 2011.

Melindungi nama bisnis Anda

Mendaftarkan nama bisnis tidak memberi Anda hak yang sama seperti mendaftarkan merek dagang. Anda tidak memiliki nama ini atau memiliki hak eksklusif untuk menggunakan nama tersebut.

Jika Anda ingin melindungi nama bisnis Anda agar tidak digunakan oleh pesaing, Anda harus mendaftarkan merek dagang. Anda kemudian dapat mengontrol penggunaan nama atau bagian mana pun dari nama tersebut.

Mendaftarkan nama bisnis tidak akan menghentikan seseorang yang telah mendaftarkan nama yang sama sebagai merek dagang untuk menggunakannya 4d slot. Anda harus selalu melakukan pencarian merek dagang sebelum memutuskan nama bisnis.

Anda dapat mencari merek dagang terdaftar yang ada menggunakan Pencarian Merek Dagang Australia dari IP Australia.

Memperbarui pendaftaran Anda

Untuk tetap menggunakan nama bisnis Anda, Anda perlu memperbarui pendaftaran Anda sebelum tanggal kedaluwarsa. Jika Anda tidak memperbarui pendaftaran, nama bisnis Anda akan dihapus dari daftar dan bisnis lain akan bebas menggunakannya. Anda kemudian dapat dihentikan dari menggunakan nama yang telah Anda perdagangkan.

Perbarui pendaftaran nama bisnis Anda dengan menghubungi ASIC. Dikenakan biaya untuk perpanjangan.

Mentransfer nama bisnis

Jika Anda menjual bisnis Anda, Anda harus mentransfer nama bisnis jika pemilik baru ingin menggunakannya. Jika Anda pemilik baru, Anda harus mendaftarkan nama menggunakan nomor transfer. Mentransfer nama bisnis akan dikenakan biaya.

Membatalkan nama bisnis

Nama bisnis dapat dibatalkan dengan 2 cara:

  • pembatalan sukarela jika Anda tidak lagi membutuhkan nama bisnis Anda, Anda harus mengajukan permohonan untuk membatalkannya melalui portal ASIC Connect. Tidak ada biaya untuk membatalkan nama bisnis. Baca selengkapnya tentang membatalkan nama bisnis Anda.

Pembatalan yang diprakarsai ASIC – ASIC dapat membatalkan pendaftaran nama bisnis dalam keadaan tertentu.

Related Posts