Cara Menggunakan Media Sosial Untuk Meluncurkan Bisnis

Cara Menggunakan Media Sosial Untuk Meluncurkan Bisnis

Gen Z tumbuh di media sosial, kami telah membangun daftar teman dan pengikut kami sejak kami masih muda. Jadi, bagi mahasiswa yang ingin mencoba meluncurkan bisnis, mereka memiliki basis pelanggan dan platform pemasaran siap pakai di ujung jari mereka.

Platform media sosial menyadari potensi itu dan telah meluncurkan alat perdagangan. Pinterest dan Facebook termasuk yang paling awal meluncurkan fitur belanja/pasar dan Instagram mengikuti beberapa tahun kemudian, memberikan peluang usaha kecil untuk menjangkau jutaan dan dalam beberapa kasus miliaran pengguna. Ini telah menjadi game-changer untuk start-up.

Dan itu juga berlaku untuk mahasiswa: Teman-teman Anda sudah mengikuti Anda di media sosial untuk mengikuti apa yang baru dari Anda, jadi jika Anda meluncurkan bisnis, mereka ada di sana menunggu untuk mendengarnya. Itu membuatnya jauh lebih mudah dan lebih murah untuk memulai bisnis. Anda tidak perlu membuat rencana pemasaran atau menghasilkan ribuan untuk iklan.

Dan, ketika Anda memikirkan bagaimana Facebook memiliki hampir 3 miliar pengguna bulanan, TikTok dan Instagram masing-masing memiliki 1 miliar, dan Pinterest memiliki 444 juta pengguna, potensi pertumbuhan bisnis Anda sangat besar.

Instagram saat ini memiliki lebih dari 200 juta akun bisnis di aplikasinya. Dan, hampir setengah dari pengguna Instagram yang disurvei (44%) mengatakan mereka menggunakan fitur seperti tag belanja dan Tab Toko Instagram untuk berbelanja setiap minggu.

Kerisa Mason, Mahasiswa Baru di Baruch College, memulai bisnis seni custom-made di Instagram. Dia meluncurkan bisnis selama pandemi.

Semua bisnisnya berasal dari media sosial. Mason menyukai penambahan Reel Instagram (klip video pendek) dan kemampuan untuk memposting selang waktu karya seninya di Instagram.

Alexis Larreategui, lulusan baru dari SUNY Plattsburgh meluncurkan bisnis perawatan kulit vegannya di Instagram. Beberapa tahun yang lalu, dia menemukan bahwa dia tidak bisa mengucapkan beberapa bahan dalam produk perawatan kulitnya. Setelah melakukan penelitian dan menemukan betapa berbahayanya itu bagi kulitnya, Larreategui mencari lebih banyak pengobatan organik. Memulai bisnis di perguruan tinggi, dia juga memahami perjuangan yang mungkin dihadapi siswa ketika mereka berbelanja produk.

Selain menjangkau teman Anda sendiri di media sosial, platform ini juga membantu pengikut dan bisnis lain menemukan Anda dan produk Anda.

Instagram baru-baru ini memperkenalkan alat baru yang akan mendukung pembuat konten dan merek untuk memudahkan mereka ditemukan dan berkolaborasi dengan merek lain. Di antara fitur-fitur baru yang akan diluncurkan, yang paling penting adalah kemampuan untuk menemukan pembuat konten terbaik untuk kampanye merek menggunakan filter unik. Berkolaborasi dengan merek lain dapat membantu bisnis untuk mendapatkan lebih banyak pengikut dan membuat nama merek dikenal.

87% orang yang disurvei mengatakan bahwa mereka mengambil tindakan setelah melihat informasi produk di Instagram, seperti mengikuti merek atau melakukan pembelian secara online.

Tertarik untuk memulai bisnis Anda sendiri?

Mukund Iyengar, seorang profesor di Stevens Institute of Technology yang juga menjalankan beberapa program yang berfokus pada peluncuran mahasiswa baru, mengatakan perguruan tinggi adalah tempat yang tepat untuk berpikir di luar kebiasaan dan menciptakan ide-ide segar dan aneh.

Memiliki proposisi nilai.

Melinda Emerson, seorang penulis, pakar bisnis kecil dan konsultan pemasaran yang dikenal sebagai SmallBizLady, mengatakan kunci untuk memulai bisnis adalah memiliki apa yang disebut proposisi nilai.

Lakukan riset kompetitif.

Larreategui menyarankan untuk mencari di YouTube untuk mencari video “bagaimana caranya” dan melihat apa yang telah dilakukan orang lain. Pelajari produk lain yang ada di luar sana, bagaimana pembuatnya memasarkannya, dan platform apa yang mereka gunakan.

“Ketika saya memutuskan bagaimana mengatur merek saya, saya berjuang, tetapi setelah saya mencari [untuk] video, orang-orang menunjukkan kepada saya bahwa saya harus membuat estetika tertentu dan mengikuti skema warna,” katanya.

Lakukan pengujian produk dan dapatkan umpan balik.

Emerson tahu bahwa ada alasan berbeda mengapa orang membeli dan menguji sangat penting ioncasino.

“Pertama kali Anda meletakkan sesuatu di luar sana, orang mungkin tidak menyukainya, jadi Anda mungkin harus me-remixnya dan meletakkannya kembali di sana,” katanya. “Dapatkan umpan balik dari orang asing, dan media sosial adalah cara mudah untuk melakukannya.”

Pilih satu platform terlebih dahulu.

Mike Allton, kepala kemitraan strategis di Agorapulse, yang membuat alat manajemen media sosial, mengatakan bisnis harus fokus pada satu platform pada awalnya.

“Saran saya adalah untuk memilih satu platform dan melakukan all-in pada satu platform itu sampai Anda melihat kesuksesan,” kata Allton. “Begitu Anda melihat kesuksesan dan Anda harus tahu apa artinya [bagi Anda]; setelah Anda mencapai titik itu, maka sesegera mungkin, perluas ke platform lain dan diversifikasi platform Anda.”

Cari mentor.

Allton berpikir bahwa penting untuk berbicara dengan seseorang tentang proyek yang akan dimulai.

“Mereka tidak akan menjadi ahli dalam segala hal, jadi identifikasi siapa yang akan memberi Anda waktu dan keahlian mereka, dan identifikasi apa kekuatan mereka,” katanya.

Richardson percaya bahwa penting untuk mengikuti impian Anda dan berusaha untuk melakukannya.

“Kami berada di generasi di mana semuanya mudah diakses, jadi jika Anda menginginkannya, pergilah ke sana dan dapatkan,” jelasnya.

Tapi jangan hanya mengejar impian Anda secara membabi buta.

“Bermimpilah dengan mata terbuka,” kata Iyengar. “Orang-orang yang bermimpi dengan mata terbuka cenderung melakukan sesuatu tentang [masalahnya].”

Related Posts