Apa itu Pinjaman Pribadi? Syarat, Bunga dan Cara Mengajukan

Apa itu Pinjaman Pribadi? Syarat, Bunga dan Cara Mengajukan

Pasar pinjaman pribadi saat ini sedang panas dan, percaya atau tidak, tren pinjaman ini sebenarnya adalah hal yang baik dan mencerminkan kondisi ekonomi yang sehat. Konsumen merasakan pertumbuhan ekonomi dan ingin mengambil pinjaman untuk pengeluaran besar tersebut.

Jadi, apa itu pinjaman pribadi, dan apa yang dapat Anda harapkan dalam proses aplikasi pinjaman pribadi? Baca terus untuk mengetahui jawabannya dan lebih banyak lagi karena kami membahas semua yang perlu Anda ketahui tentang pinjaman pribadi.

Apa itu Pinjaman Pribadi dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Personal Pinjaman adalah jenis pinjaman yang dapat digunakan untuk segala macam tujuan, baik itu untuk membiayai kuliah, digunakan untuk konsolidasi hutang, proyek perbaikan rumah, atau bahkan liburan.

Meskipun ada beberapa pemberi pinjaman yang memberikan pinjaman pribadi aman, sebagian besar pinjaman pribadi tidak aman, yang berarti mereka tidak dilindungi oleh jenis agunan apa pun, seperti mobil, rumah, atau properti lainnya. Sebaliknya, pemberi pinjaman seperti bank, serikat kredit, dan penyedia pinjaman pihak ketiga lainnya memiliki kualifikasi lain yang harus Anda ketahui saat melamar:

  • Skor Kredit dan Sejarah. Ini adalah salah satu yang besar dan memberikan wawasan yang paling tentang perilaku keuangan Anda serta seberapa besar kemungkinan Anda untuk membayar kembali pinjaman Anda. Meskipun tidak memberi tahu pemberi pinjaman segalanya, ini menunjukkan kepada mereka semua akun tunggakan yang mungkin Anda miliki, hutang yang belum dibayar, penyitaan atau kebangkrutan sebelumnya, pembayaran terlambat, dan detail lebih lanjut tentang riwayat kredit Anda.
  • Pendapatan dan Riwayat Pekerjaan. Jika Anda memiliki lima pekerjaan dalam satu tahun terakhir dan mengajukan pinjaman pribadi, ini bisa dilihat sebagai tanda bahaya bagi pemberi pinjaman yang peduli dengan stabilitas pendapatan. Anda juga lebih mungkin untuk disetujui jika Anda memiliki kemampuan yang lebih baik untuk membayar kembali pinjaman Anda atau rasio utang terhadap pendapatan yang lebih sedikit.
  • Cicilan bulanan. Penting bagi pemberi pinjaman untuk mengetahui berapa pembayaran pinjaman bulanan yang Anda hitung sehingga mereka dapat menentukan anggaran dan kemampuan Anda untuk membayar kembali pinjaman dengan lebih baik.

Mari Bicara Syarat

Faktor lain yang perlu dipertimbangkan ketika mengajukan pinjaman pribadi adalah syarat dan ketentuan yang menyertainya, yang jauh lebih sederhana dari yang Anda kira.

Suku Bunga Tetap

Meskipun tidak 100% demikian, pinjaman pribadi biasanya memiliki suku bunga tetap, yang berarti suku bunga ditetapkan selama masa pinjaman dan tidak akan pernah berubah. Suku bunga variabel, di sisi lain, akan memiliki suku bunga yang dapat berubah, tetapi ini tidak terlalu umum karena fluktuasi suku bunga dapat mempersulit peminjam untuk menganggarkan pembayaran bulanan mereka.

Jumlah Tetap

Sebagian besar bank dan pemberi pinjaman memiliki jumlah pinjaman pribadi minimum dan maksimum yang dapat Anda ajukan bet88, tetapi dengan berbelanja, Anda akan menemukan jumlah pinjaman mulai dari $1.000 hingga $100.000 atau lebih, tergantung pada skor kredit, riwayat, dan pendapatan Anda. Either way, jumlah pinjaman pribadi ditetapkan dan diperbaiki di muka.

Cara Mengajukan Pinjaman Pribadi

Sekarang setelah Anda lebih mengenal apa itu pinjaman pribadi, mari kita lihat bagaimana Anda dapat mengajukan, dan apa yang Anda perlukan.

Apa yang Harus Diketahui Sebelum Mendaftar?

Hal pertama yang pertama. Sebelum mengirimkan aplikasi pinjaman pribadi tersebut, Anda harus memutuskan berapa banyak uang yang Anda perlukan dan menghitung pembayaran bulanan Anda, sehingga Anda tahu apa yang diharapkan. Anda juga ingin memeriksa skor kredit Anda untuk memastikan tidak ada kesalahan atau perbedaan yang dapat merusak peluang Anda untuk disetujui.

Jika skor Anda rendah, ada banyak langkah yang dapat Anda ambil untuk meningkatkannya.

Melihat-lihat

Selalu beri diri Anda waktu untuk berkeliling dan melihat beberapa pemberi pinjaman untuk melihat biaya, suku bunga, dan paket pembayaran yang mereka tawarkan. Anda bisa mendapatkan pinjaman pribadi dari bank, credit union, atau pemberi pinjaman online, pastikan untuk selalu membaca cetakan kecil.

Apa yang Anda Butuhkan

Mari kita uraikan daftar dokumen apa saja yang Anda perlukan saat mengajukan pinjaman:

  • Informasi pribadi seperti nama Anda, nomor SIM, nomor jaminan sosial, tanggal lahir, dan informasi kontak.
  • Detail rekening bank

Detail tentang majikan Anda, seperti nama, alamat, dan berapa lama Anda berada di sana.

Related Posts