4 Hal yang Perlu Dipikirkan Sebelum Mengajukan Pinjaman Pribadi

4 Hal yang Perlu Dipikirkan Sebelum Mengajukan Pinjaman Pribadi

Pinjaman pribadi adalah salah satu cara paling efisien untuk mendapatkan uang tunai di kantong Anda dengan cepat dan bertanggung jawab. Mereka dapat datang dengan tingkat bunga yang lebih rendah daripada jenis pinjaman lain dan juga dalam jumlah yang lebih kecil, sehingga mudah untuk menutupi pengeluaran kecil dan membayar kembali pinjaman dalam jangka waktu yang singkat. Baik Anda mencoba membayar uang muka untuk mobil baru, melakukan perjalanan, atau mendapatkan hadiah liburan yang sempurna, pinjaman pribadi adalah cara cepat dan mudah untuk menyelesaikannya.

Namun, sebelum mengajukan pinjaman pribadi, ada 4 elemen yang perlu Anda pertimbangkan untuk memastikan bahwa keputusan yang Anda buat adalah keputusan yang tepat.

#1 Jenis Pinjaman

Hal pertama yang perlu Anda ketahui sebelum mengajukan pinjaman pribadi adalah mengidentifikasi kebutuhan atau tujuan pinjaman. Ada berbagai jenis pinjaman pribadi dan kebutuhan Anda akan menentukan mana yang harus Anda dapatkan.

Pinjaman Dijamin

Pinjaman yang dijamin adalah pinjaman yang didukung oleh beberapa jenis jaminan—seperti rumah atau kendaraan Anda. Ini berarti pemberi pinjaman memberi Anda pinjaman dengan syarat jika tidak dibayar, agunan dapat diambil alih. Manfaat dari jenis pinjaman ini adalah bahwa suku bunga jauh lebih rendah dan lebih mudah untuk mendapatkan persetujuan untuk jumlah pinjaman yang lebih besar.

Jika Anda yakin bahwa Anda dapat membayar kembali pinjaman, membutuhkan jumlah pinjaman yang lebih besar, dan menginginkan tingkat bunga serendah mungkin, pinjaman yang dijamin adalah pilihan yang bagus setelah Anda memahami risikonya.

Pinjaman Tanpa Jaminan

Pinjaman tanpa jaminan adalah pinjaman yang tidak didukung oleh jaminan, jadi satu-satunya faktor yang akan dipertimbangkan pemberi pinjaman adalah riwayat keuangan id88 slot Anda untuk menentukan kemungkinan Anda membayar kembali pinjaman tersebut. Suku bunga pada jenis pinjaman ini sedikit lebih tinggi dan jumlah pinjaman umumnya lebih rendah.

Kartu kredit, misalnya, adalah jenis pinjaman tanpa jaminan dan lebih cocok untuk tujuan keuangan yang lebih kecil dan peminjam dengan sejarah keuangan yang solid.

#2 Skor Kredit

Ingatlah bahwa skor kredit Anda akan mempengaruhi dan dapat dipengaruhi oleh peminjaman pinjaman, jadi penting untuk mempertimbangkannya selama proses.

Memiliki skor kredit yang lebih tinggi berarti Anda dapat mengamankan suku bunga yang lebih baik, dengan biaya lebih sedikit dalam jangka panjang. Ini juga dapat menentukan kemampuan Anda untuk memenuhi syarat untuk pinjaman tertentu. Semakin tinggi jumlah pinjaman, semakin tinggi skor kredit Anda. Jika Anda tidak terburu-buru untuk mendapatkan persetujuan pinjaman, mungkin ada baiknya Anda meluangkan waktu terlebih dahulu untuk meningkatkan skor kredit Anda sebelum memulai proses aplikasi. Melakukan hal itu akan membuat lebih mudah dan lebih terjangkau untuk mendapatkan pinjaman yang Anda butuhkan.

Mengambil pinjaman juga dapat berdampak positif pada skor kredit Anda. Melakukan pembayaran tepat waktu akan membantu Anda membangun riwayat kredit yang positif dan mendiversifikasi masa lalu keuangan Anda. Sementara beberapa orang mungkin khawatir bahwa mengajukan pinjaman pribadi akan menurunkan skor kredit mereka, aplikasi kredit baru memengaruhi persentase yang relatif kecil dari skor kredit Anda—pengaruh yang mereda setelah satu tahun pengajuan.

Singkatnya, dampak penerapan kecil dan jangka pendek, sedangkan manfaat dari riwayat kredit yang kuat dan skor lebih permanen.

#3 Jangka Waktu Pinjaman

Pembayaran bulanan Anda akan ditentukan oleh tingkat bunga, jumlah pinjaman, dan jangka waktu pinjaman Anda. Jangka waktu pinjaman Anda adalah berapa lama Anda berencana untuk membayar kembali pinjaman dan akan menjadi faktor utama yang menentukan berapa banyak Anda akan membayar setiap bulan.

Jangka waktu pinjaman biasanya 1-6 tahun, meskipun dapat bervariasi tergantung pada seberapa banyak Anda meminjam dan seberapa banyak Anda mampu membayar setiap bulan. Anda harus mencoba membayar sebanyak yang Anda bisa setiap bulan tanpa membuat anggaran bulanan Anda terlalu ketat. Meskipun mungkin tergoda untuk mencoba melunasi pinjaman secepat mungkin dengan tingkat bunga yang lebih rendah, biaya keterlambatan dari pembayaran yang terlewat dapat menambah tekanan yang tidak perlu pada periode pembayaran.

Jika Anda tidak yakin berapa lama jangka waktu pinjaman Anda, tiga tahun adalah jangka waktu yang cukup baik bagi kebanyakan orang. Ini memberi Anda cukup waktu dan fleksibilitas untuk membayar kembali pinjaman dengan nyaman tanpa tingkat bunga yang lebih tinggi dan jangka waktu yang lebih lama dari rencana lima tahun.

Suku Bunga dan Biaya #4

Jumlah total yang akhirnya Anda bayar adalah jumlah pinjaman Anda ditambah suku bunga Anda dan biaya terkait lainnya. Beberapa penyedia akan menunjukkan biaya tahunan dan tingkat bunga Anda sebagai persentase gabungan yang dikenal sebagai APR (tingkat persentase tahunan).

Ada dua jenis APR:

  • APR tetap: APR tetap tidak akan berubah selama masa pinjaman Anda; persentase yang diberikan penyedia Anda di muka adalah persentase yang sama yang akan Anda bayarkan saat Anda melakukan pembayaran terakhir.

APR Variabel: APR variabel adalah suku bunga yang dapat berubah selama jangka waktu pinjaman Anda, meskipun tidak dijamin akan berubah. Jika penyedia Anda menawarkan pinjaman dengan APR variabel, akan ada persentase minimum dan maksimum yang dapat mereka ubah selama pinjaman.

Related Posts