4 Tips yang Membantu Anda Mengelola Pinjaman Pribadi

4 Tips yang Membantu Anda Mengelola Pinjaman Pribadi

Jika dikelola secara bertanggung jawab, pinjaman pribadi dapat menjadi salah satu cara terbaik untuk meringankan beban keuangan dan mempersiapkan diri Anda untuk sukses. Ini adalah cara mudah untuk menutupi uang muka, menangani keadaan darurat, atau membawa keluarga Anda berlibur. Namun, pinjaman pribadi juga dapat menjadi tantangan untuk dikelola—terutama jika Anda baru mengenal pinjaman dan penganggaran secara umum—dan hal terakhir yang Anda inginkan adalah merusak nilai kredit Anda atau melewatkan pembayaran.

Jika Anda mengalami kesulitan mengelola pinjaman pribadi Anda, tips ini akan membantu Anda mendapatkan kembali kendali dan menghilangkan stres keuangan yang mungkin Anda alami.

1. Buat Anggaran

Membuat anggaran adalah salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk situasi keuangan Anda, terlepas dari pendapatan atau utang Anda. Mencoba mengelola pinjaman pribadi Anda tanpa anggaran menempatkan Anda dalam posisi rentan dan kebingungan—Anda tidak selalu tahu ke mana perginya uang Anda atau berapa banyak yang akan digunakan. Jika Anda merasa takut untuk memeriksa rekening bank Anda, memiliki lebih sedikit uang daripada yang Anda tahu seharusnya, atau tidak yakin dengan area di mana Anda mengeluarkan uang terlalu banyak, maka membuat anggaran mungkin adalah jawabannya.

Langkah pertama dalam penganggaran adalah membagi pengeluaran Anda ke dalam kategori. Lebih baik memulai dengan kategori luas, seperti “Makanan”, daripada kategori seperti “Kopi”, “Makanan Cepat Saji”, “Bahan Makanan”, dan “Makan di Luar”. Kategori sederhana lebih mudah untuk dihitung dan dilacak. Jika Anda tidak tahu bagaimana cara membuat anggaran, ada banyak sumber daya online gratis untuk membantu memandu Anda melalui prosesnya. Ada juga banyak aplikasi yang membuat anggaran Anda tetap sederhana dan mudah.

2. Bayar Tepat Waktu

Melakukan pembayaran bulanan Anda tepat waktu setiap bulan adalah cara terbaik untuk menghindari biaya keterlambatan dan penalti serta memukul nilai kredit Anda. Ini adalah konsekuensi yang tidak perlu dan terlalu umum yang akan merugikan situasi keuangan Anda, jadi berhati-hatilah terhadapnya dan lakukan yang terbaik untuk tetap membayar.

Setelah membuat anggaran, Anda akan menyadari bahwa melakukan pembayaran tepat waktu jauh lebih mudah. Memiliki rencana keuangan dan sebagian uang yang disisihkan setiap bulan akan mencegah Anda tidak dapat melakukan pembayaran bulanan atas pinjaman Anda. Jika Anda lupa melakukan pembayaran bulanan, lihat apakah penyedia Anda menawarkan sistem pembayaran otomatis.

Jika Anda baru saja mengambil pinjaman pribadi, atau akan melakukannya, cara yang bagus untuk memberi diri Anda perlindungan adalah dengan melakukan pembayaran bulanan lebih awal segera setelah Anda menerima pinjaman. Dengan melakukan pembayaran sebelum paket cicilan Anda, Anda akan memiliki penyangga terhadap pembayaran yang terlewat.

3. Bayar Lebih Dari Minimum Anda

Mengikuti strategi yang sama untuk melakukan pembayaran awal lebih awal, akan membantu untuk membayar lebih dari minimum bulanan Anda bila Anda bisa. Membayar sedikit ekstra setiap bulan membuat Anda lebih maju dari jangka waktu pinjaman Anda serta memberi Anda beberapa fasilitas keuangan lainnya.

Untuk satu hal, melakukan pembayaran ekstra atas pinjaman Anda akan mengurangi keseluruhan panjang rencana pembayaran Anda. Ini akan membantu Anda menghapus hutang dan memungkinkan Anda untuk mendapatkan kembali kemandirian finansial Anda lebih cepat, dan dengan melunasi pinjaman Anda sebelumnya, Anda akan mengurangi jumlah bunga yang Anda berutang, menghemat uang Anda dalam jangka panjang.

Tidak hanya itu, skor kredit Anda juga akan meningkat ketika Anda melunasi hutang Anda lebih cepat dari yang diharapkan. Skor kredit yang lebih rendah akan menguntungkan Anda dalam berbagai cara, seperti menurunkan uang muka dan suku bunga untuk waktu yang lama.

Jika Anda mempertimbangkan untuk membayar lebih dari jumlah minimum cicilan pinjaman bulanan Anda, pastikan untuk membaca kebijakan penyedia Anda mengenai hal ini. Sementara beberapa akan memungkinkan Anda untuk melunasi pinjaman Anda lebih cepat, yang lain mungkin mengenakan biaya untuk melakukannya, meniadakan manfaat dari pelunasan awal.

4. Konsolidasikan Pinjaman Anda

Untuk peminjam yang mengelola beberapa pinjaman pribadi, konsolidasi bisa menjadi cara yang bagus untuk menyederhanakan pembayaran utang Anda. Konsolidasi hutang adalah ketika Anda mengambil satu pinjaman besar yang dapat digunakan untuk membayar semua pinjaman dan hutang Anda yang lain. Kemudian, alih-alih melakukan pembayaran ke beberapa pemberi pinjaman setiap bulan dengan suku bunga dan persyaratan yang berbeda, Anda akan melakukan pembayaran tunggal ke satu penyedia.

Konsolidasi hutang sangat membantu jika Anda dapat mengamankan tingkat bunga pinjaman baru Anda yang lebih rendah dari tingkat bunga rata-rata pinjaman Anda sebelumnya.

Satu-satunya downside untuk mengkonsolidasikan hutang Anda adalah bahwa Anda kemungkinan besar harus membayar hutang Anda lebih cepat dari sebelumnya. Sebelum mengkonsolidasikan utang Anda, pastikan bahwa Anda dapat melakukan pembayaran atas pinjaman baru Anda. Mungkin juga membantu Anda untuk membayar kembali sebagian besar pinjaman Anda secara kredit daripada dengan satu pinjaman, menggabungkannya menjadi bagian-bagian yang lebih mudah dikelola.

Related Posts